Kamis, 9 November 2023. Prodi Pariwisata bersama HIMAPA menggelar kuliah tamu bersama bapak Teguh Irianto Batubara sebagai Airport Operation Landside dan Terminal Manager di Bandara Yogyakarta International Airport. Sebagai upaya untuk memberikan pengalaman belajar yang beragam dan mendalam bagi mahasiswa, Prodi Pariwisata mengundang seorang praktisi di bidang pengelolaan terminal transportasi sebagai pembicara tamu dalam kuliah pengelolaan sumber daya manusia. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru serta membuka ruang diskusi antara mahasiswa dan praktisi berpengalaman.
Dalam kuliah tamu tersebut bapak Teguh membagikan pengalaman dan pengetahuannya tentang pengelolaan sumber daya manusia di sebuah bandara. Bandara merupakan terminal transportasi yang merupakan salah satu bagian dari komponen kunci industri pariwisata. Bandara juga merupakan pintu masuk wisatawan dari dalam dan luar negeri. Oleh sebab itu kondisi fasilitas dan pelayanan yang baik menjadi kunci untuk menjaga kenyamanan wisatawan sebagai penggerak utama sektor pariwisata. Selain itu, bapak Teguh menyampaikan tentang tantangan dan inovasi dalam mengelola sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi yang kian berkembang di Indonesia.”
Menurut bapak Teguh, bandara YIA yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura I merupakan salah satu mesin ekonomi negara dibawah manajemen BUMN. Menurutnya BUMN memiliki keunggulannya dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) melalui strategi manajemen bakat yang canggih. Salah satu aspek utama yang menjadi fokus adalah pengujian kemampuan untuk mendapatkan posisi tertentu. Dengan pendekatan ini, BUMN dapat memastikan bahwa setiap individu di tempat kerja mereka memiliki keterampilan dan kompetensi yang sesuai dengan tanggung jawab dan tuntutan pekerjaan mereka.
Selain itu, BUMN berkomitmen untuk membina iklim pekerjaan yang positif dan mendukung di dalam perusahaan. Hal ini menciptakan lingkungan di mana karyawan merasa dihargai, didukung, dan termotivasi untuk memberikan kontribusi terbaik mereka. Penilaian kemampuan dan perilaku dilakukan secara menyeluruh di seluruh posisi jabatan, memastikan bahwa setiap individu diberikan feedback yang konstruktif untuk pengembangan pribadi dan profesional mereka.
Pentingnya penghargaan dan reward juga menjadi sorotan utama dalam manajemen SDM. Sistem penghargaan yang baik tidak hanya mengakui hasil kerja yang luar biasa, tetapi juga merangsang pertumbuhan kompetensi kerja. Karyawan yang memberikan hasil kerja bagus diberikan reward yang sesuai, sementara tindakan disiplin diterapkan terhadap hasil kerja yang buruk untuk menjaga performa keseluruhan perusahaan.
Langkah ini juga konsisten dengan dedikasi UGM terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang diperjuangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Kerjasama ini selaras dengan tujuan ke-4, yaitu memastikan pendidikan bermutu, merata, dan inklusif, serta meningkatkan akses belajar sepanjang hidup untuk seluruh kalangan; serta tujuan ke-8, yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, inklusif, dan adil, memberikan peluang pekerjaan yang penuh dan produktif, serta memastikan pekerjaan yang layak bagi semua orang.