Kuliah tamu kembali diselenggarakan oleh prodi pariwisata untuk memberikan sarana pemahaman lebih mendalam tentang layanan dan pengelolaan industri hospitalitas khususnya akomodasi perhotelan. Kuliah tamu yang pekan lalu berhasil menarik antusiasme mahasiswa, kali ini semakin menarik karena diadakan secara offline tatap muka di gedung Soegondo fakultas ilmu budaya UGM. Sehingga interaksi dan diskusi antara pemateri dan mahasiswa terjadi lebih intens.
Kuliah yang diadakan pada tanggal 3 April 2023 ini mengangkat tema “Hospitality Management and Profile of Accommodation Industry” dengan mengundang pemateri bapak Yungke Wibowo yang merupakan general manager di Prime Plaza Hotel Yogyakarta. Didampingi oleh dosen mata kuliah kajian hospitalitas Karlina Maizida, kuliah tamu kali ini membahas mengenai manajemen pengelolaan akomodasi yang berkaitan dengan pelayanan hospitalitas pada industri perhotelan.
Pada awal pemaparan materi, disampaikan bahwa perkembangan pariwisata di negara-negara ASEAN sangat dipengaruhi oleh hospitalitas yang diberikan oleh para penyedia jasa pariwisata kepada wisatawan/tamu yang datang. Hospitalitas saat ini telah berkembang sangat luas, tidak hanya di industri hotel saja tetapi juga di industri restoran hingga theme park. Pada industri hotel, hospitalitas yang memberikan keramahan kepada tamu diterapkan oleh seluruh pegawai, mulai dari front office, food and beverage, hingga petugas keamanan. Hal tersebut dilakukan agar memberikan rasa nyaman kepada tamu yang datang.
Berikutnya yang merupakan aspek penting pada hospitalitas di hotel, yaitu kebersihan, kenyamanan, dan keamanan. Bapak Yungke menjelaskan bahwa negara Indonesia memiliki tingkat kebersihan higiene makanan dan minuman yang masih kurang, terlebih lagi streetfood yang belum menerapkan standar hiegene yang baik. Sedangkan di industri hotel kebersihan merupakan hal yang wajib, baik kebersihan makanan maupun kebersihan orang-orang yang bekerja di hotel dan restoran. Kemudian kenyamanan tamu hotel juga menjadi hal yang harus diperhatikan, fasilitas dan entertaiment perlu disediakan agar tamu nyaman ketika menginap di hotel. Komplain dari tamu wajib ditangani dengan baik tanpa emosi, sebab pelayanan terhadap komplain merupakan salah satu bagian dari kenyamanan tamu. Terakhir adalah keamanan, aspek ini meliputi keamanan barang milik tamu, keamanan berupa keselamatan tamu, dan privasi tamu yang terjaga selama menginap di hotel.
Kuliah tamu kali ini sedikit berbeda karena mahasiswa diperbolehkan bertanya langsung pada saat penyampaian materi. Banyak sekali pertanyaan menarik yang dilontarkan oleh para mahasiswa pariwisata, seperti terkait pengelolaan green hotel, sistem kerja pegawai, isu privasi tamu hotel, dan masih banyak lagi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab dengan baik oleh pemateri dan memberi wawasan baru bagi para mahasiswa. Setelah pemaparan materi dan diskusi selesai, kuliah tamu diakhiri dengan sesi foto bersama.